Konsep Ruko MIXED-USE : Ruko dan Kos

konsep-ruko-mixed-use-ruko-kos

Sekitar 2 tahun yang lalu, saya pernah memberikan ide kepada salah satu klien saya tentang sebuah konsep ruko yang bisa disewakan per lantai, tujuannnya adalah agar harga sewa bisa terjangkau dan bisa lebih cepat laku tersewa. Karena berdasarkan pengalaman saya memasarkan ruko, ada beberapa permintaan untuk sewa ruko hanya 1 lantai saja, sedangkan ruko yang ada rata-rata 2 sampai 3 lantai. Mengapa hanya sewa 1 lantai??? karena keterbatasan budget untuk sewa, permintaan seperti ini banyak muncul di area-area dekat kampus/universitas, dan biasanya digunakan untuk bisnis-bisnis yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa sehari-hari, seperti salon, butik, warnet, game online, rumah makan, café, fitnes, klinik, apotek, toko kelontong, dll. Secara desain, hanya tinggal merubah posisi tangga, yang pada umumnya ruko adalah posisi tangga di belakang, dirubah posisinya menjadi di depan, sehingga tidak mengganggu aktivitas tenant yang ada di setiap lantai.

Beberapa bulan yang lalu, salah satu teman Facebook saya, meng-informasikan konsep ruko seperti yang saya pikirkan di atas, yaitu ruko dan kos, yang dikembangkan oleh sebuah grup developer papan atas negeri ini, Summarecon Serpong. Lantai 1 bisa disewakan untuk bisnis atau tempat usaha, sedangkan lantai 2 dan 3-nya dimanfaatkan untuk kos-kos’an. Posisi tangga ada di depan, bisa dilihat di gambar layout-nya. Berikut ini cuplikan berita tentang ruko tersebut :

Selain unit hunian, cluster ini juga akan dilengkapi dengan satu lagi inovasi terbaru Summarecon Serpong, yaitu Ruko Newton, ruko 3 lantai dengan luas tanah 100 m2 dan luas bangunan 284 m2 . Ruko ini akan berbeda dengan ruko pada umumnya dimana lantai 2 atau di atasnya kurang produktif karena hanya memanfaatkan lantai 1 sebagai ruang usaha. Dengan berdekatannya Ruko Newton ini dengan lokasi UMN, lantai 2 dan 3-nya berpotensi untuk dapat dikembangkan sebagai tempat usaha kost kost-an, dimana dari rancangan layout dan aksesnya telah dipersiapkan untuk aktifitas usaha tersebut.Kedua lantai tersebut (lantai 2 dan 3), secara total dapat menampung kapasitas maksimal 10 hingga 12 kamar. Sedangkan lantai dasar Ruko Newton tetap dapat dimanfaatkan sebagai ruang usaha atau bisnis lainnya

Berita lengkapnya bisa dilihat di :

Launching Scientia Garden, Summarecon Serpong

Apabila anda berminat mengembangkan ruko dengan konsep tersebut di atas, atau butuh ruko yang kira-kira bisa di-renovasi, atau butuh tanah yang cocok untuk di-develop menjadi ruko, atau sekedar ingin ngobrol-ngobrol tukar pikiran, bisa hubungi saya, Angling di 0817-957-2772, terima kasih.

Comments are closed.